fe.unri.ac.id- Sumatera Accounting Competition merupakan sebuah ajang kompetisi antar siswa/i SMA/sederajat yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Pada tahun 2016, SAC sudah memasuki tahun ke-7. SAC 2016 diadakan pada tanggal 11-13 Februari 2016 dan bertempat di Fakultas Ekonomi Universitas Riau dengan mengangkat tema “Menumbuhkan Semangat Berkompetisi Generasi Muda Guna Menciptakan Generasi Ekonomi Berkualitas, Profesional, dan Berkompeten”. Adapun acara-acara dan perlombaan yang diadakan pada tahun ini diantaranya Seminar Nasional, Olimpiade Akuntansi, Ranking 1, Lomba Mading, Entrepreneur Muda, Entrepreneur Competition, Akuntansi Pintar, FEKON amazing raze, dan UR Field Trip,.

Di hari pertama SAC 2016 Kamis, 11 Februari 2016, acara dibuka dengan tari persembahan oleh Mahasiswi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau dan kata sambutan oleh Ketua Pelaksana SAC 2016 Saudara Indra Firdaus. Acara dibuka langsung oleh Wakil Walikota Bapak Ayat Cahyadi. Turut hadir pula¸ Dekan Fakultas Ekonomi Ibu Sri Indarti, Ketua Jurusan Akuntansi Bapak Raja Adri Satriawan Surya dan Gubernur Mahasiswa Fakultas Ekonomi Qowiy Alhaq, serta Bupati Mahasiswa Jurusan Akuntansi Rizki Agus Putra, yang dimana acara ini diselenggarakan di Gedung Yudisium FE UR. Setelah itu dilanjutkan dengan Seminar Nasional dengan pembicara Bapak Irfandi Gustari (DIRUT Bank Riau Kepri), dan Ibu Lusianti (General Manager Grand Ellite). Pada siang harinya dilanjutkan dengan babak kualifikasi Olimpiade Akuntansi serta post-test Entrepreneur Muda.

Di hari kedua Jum’at, 12 Februari 2016, acara dilanjutkan kembali dimulai pada pukul 08.00 dengan perlombaan, diantaranya babak Accounting Estafet, Lomba Mading, Entrepreneur Competition, Business Case (Entrepreneur Muda), UR Field Trip, Akuntansi Pintar, dan Ranking 1. Adapun juri dalam lomba mading tersebut adalah Mirza Mashyur, Regina Elsa Liony, dan Ananto Budiarto (Ketua Umum SS41 FE UR). Acara pada hari kedua, selesai pada pukul 16.00.

Di hari terakhir SAC 2016, acara diawali dengan penempelan hasil kualifikasi semifinal olimpiade, bagi sekolah yang telah lulus kualifikasi kemudian diarahkan untuk registrasi kembali dan kemudian langsung menuju ke ruangan diadakannya babak semi final olimpiade, bagi sekolah yang tidak lulus kualifaksi, oleh panitia diarahkan ke meja registrasi untuk mendaftarkan diri di Fekon Amazing Race. Di saat yang bersamaan, terdapat pula presentasi Entrepreneur Muda, dimana para peserta menampilkan hasil karya mereka yang akan dinilai oleh juri yaitu oleh juri yaitu Bapak Machasin (Dosen FE UR), Bapak Wijatmoko (APINDO), dan Saudara Robby Kurniawan (Alfamart),. Pada pukul 13.00 diadakan semifinal dan kemudian final olimpiade yang bertempat di Yudisium Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Juri dalam semifinal dan final Olimpiade Akuntansi adalah Bapak M.Rasuli, Ibu Eriyati, dan Ibu Arumega, selaku dosen Fakultas Ekonomi Universitas Riau. Selain itu juga dilakukan penilaian stand Entrepreneur Competition oleh juri yang berlangsung di Lapangan Yudisium. Penutupan serta pembacaan pemenang lomba SAC berlangsung sangat meriah, diawali dengan kata sambutan oleh Ketua Jurusan Akuntansi dan kemudian ditutup oleh Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi Universitas Riau.

Acara yang berlangsung lancar dan sukses ini tak lepas dari dukungan sponsor dan media partner yang bekerjasama dengan SAC2016. Adapun sponsor dan media partner tersebut adalah:

Pemenang lomba pada SAC 2015

MADING
JUARA I SMA Dharma Loka
JUARA II SMAN 1 Tualang tim 2
JUARA III SMA Babussalam
OLIMPIADE
JUARA I SMAN 8 Pekanbaru
JUARA II SMK 1 Pekanbaru tim 1
JUARA III SMK 1 Pekanbaru tim 2
TOP SCORE : Richfan Wijaya (SMAN 8 Pekanbaru)
ENTREPRENEUR MUDA
JUARA I SMA Darma Yudha
JUARA II SMA 2 Rambah Hilir
JUARA III SMK 1 Pekanbaru
BEST PERFORMANCE : SMA YKPP Dumai
RANKING 1
SMAN 8 Pekanbaru : Hanif M. Dhiya
ENTREPRENEUR COMPETITION
1. Stand Terfavorit: Chocolate Changer
2. Stand Terbaik: Ala Canai
AKUNTANSI PINTAR
SMAN 1 Ujung Batu

SPONSOR MEDIA PARTNER
Bank Riau Kepri @modelaceh
PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk @ownid
PT. Perkebunan Nusantara V @acehinfo
Riau Pos @taujambi
KAP Selamet Sinuraya @anakusu
Asosiasi Pengusaha Indonesia @info_event
KAP Hardi & Rekan @eventupdateid
Pelindo @atwitlovers
Klinik Akuntansi @infopku_
Zahir @instanusantarakepri
Bank Nagari @jagoakuntansi
PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) @medantalk
Garuda Food @medanreview
Riau Investment Corp @infosumbar
Jiwasraya @wisataaceh
@lampung
@inforiau_
@ceritamedan