Fekon unri Fe Unri

 

Globalisasi yang terjadi saat ini terutama dibidang ekonomi membuat kita harus berpikir lebih maju dan kritis dalam mencari nilai lebih dan peluang yang ada. Kita harus secara kreatif mengembangkan potensi diri untuk dapat menghadapi tantangan dunia global yang semakin hari semakin berkembang pesat. Dan untuk itu, dibutuhkan generasi muda yang berkualitas dan kreatif.

SAC merupakan program unggulan Himpunan Mahasiswa AkuntansiUniversitas Riau yang sudah berlangsung lama dan terus mengalami perkembangan demi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Acara yang tergabung didalamnya diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan siswa SMA / sederajat dalam mendapatkan ilmu guna menyongsong globalisasi masa kini.

SAC tahun ini mengambil tema, Membangun Potensi Generasi Muda Yang Progresif Guna Meningkatkan Pengetahuan, Kreatifitas, dan Jiwa Wirausaha Dalam Menghadapi Persaingan Global”. Secara umum, SAC akan mengkaji bagaimana generasi muda mampu menciptakan peluang bahkan kesempatan kerja melalui ekonomi kreatif yang berbasis ramah lingkungan. Yang lebih penting adalah , SAC berharap dapat meningkatkan kesadaran para pesertanya untuk berkontribusi didalam perekonomian bangsa diberbagai sektor ekonomi yang selain dapat memberi benefitjuga bermanfaat terhadap lingkungan.

Untuk menunjang kelancaran SAC 2017, maka disusunlah petunjuk teknis ini. Petunjuk teknis ini berisi tentang:

  • Deskripsi singkat rangkaian acara SAC 2017
  • Ketentuan Peserta SAC 2017
  • Informasi tambahan lainnya
  • Formulir pendaftaran

Petunjuk teknis ini berfungsi sebagai pedoman bagi peserta yang akan mengikuti rangkaian acara SAC 2017. Adapun kegiatan dalam rangkaian acara ini adalah Seminar, Olimpiade akuntansi, Ranking 1, Enterpreneur muda, Enterpreneur Competition, dan Lomba mading.

 

RANGKAIAN ACARA

RUNDOWN ACARA10.00 – 12.00SeminarYudicium FE UR

Hari Keterangan Venue
Rabu
10.00 – 16.50 Registrasi Peserta dari luar kota Pekanbaru Sekretariatan HIMA-AK Fakultas ekonomi universitas riau
13.00 – 15.00 Technical Meeting Enterpreneur Competition Yudicium FE UR
16.00 – 18.00 Technical Meeting Olimpiade Yudicium FE UR
Kamis
07.15 – 07.50 Registrasi ulang peserta Yudicium FE UR
08.05 – 09.00 Pembukaan dan peresmian Yudicium FE UR
09.05 – 09.55 Pengisi acara Yudicium FE UR
10.00 – 12.00 Seminar Yudicium FE UR
12.00 – 13.00 Ishoma / pengisi acara Yudicium FE UR
13.00 – selesai Technical Meeting Yudicium FE UR
14.00 – 16.00 Babak Kualifikasi Olimpiade Yudicium FE UR
Jumat
07.00 – 07.50 Registrasi Olimpiade, Entrepreneurship, Ranking 1,Mading, Enterpreneur Competition Yudicium FE UR
08.00 – 11.30 Babak Accounting Estafet Business cases Gedung maksi
Lomba mading Ranking 1 Yudicium FE UR
08.00 – Selesai Enterpreneur Competition Depan Yudicium FE UR
Sabtu
06.55 – 07.20 Penempelan hasil kualifikasi olimpiade Yudicium FE UR
07.25 – 08.55 Registrasi Semi Final Olimpiade Yudicium FE UR
08.00 – 09.00 UR Amazing Race
08.00 – 12.00 *Semi Final Olimpiade
* presentation entrepreneurship
Yudicium FE UR
Gedung Maksi
12.10 – 13.00 ISHOMA / doorprice / pengisi acara Yudicium FE UR
13.30 – 15.30 * Final Olimpiade Yudicium FE UR
16.00 – 16.50 Pengumuman Pemenang dan pemberian hadiah lomba olimpiade,mading, entrepreneur, ranking 1 akuntansi
Penutup / pengisi acara
Yudicium FE UR

 

Catatan:
Jika terjadi perubahan peraturan/ tambahan peraturan akan diumumkan kepada peserta pada saat Technical Meeting.
SEMINAR

Rangkaian acara akan dibuka dengan seminar yang akan diisi oleh pembicara dari Ketua IAI (IKATAN AKUNTAN INDONESIA),Otoritas Jasa Keuangan, dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia(HIPMI). Yang tentunya akan banyak memberikan wawasan peserta dan kita semua seputar perkembangan perekonomian di era global ini.Setelah seminar akan ada technical meeting yang membahas rangkaian acara SAC 2017 secara detil.

Olimpiade

Olimpiade akuntansi merupakan ajang untuk mengukur tingkat pemahaman siswa SMA/SMK/MA sederajat se-Sumatera terhadap akuntansi baik secara teoritis maupun prakteknya serta dapat menjadi motor penyemangat untuk mengasah kemampuan dalam bidang akuntansi dimana acara ini juga merupakan inti acara dari SAC 2017.

KETENTUAN UMUM

  1. Peserta kompetisi adalah siswa SMA/SMK/MA sederajat se-Sumatera
  2. Masing-masing sekolah mengirim maksimal 2 tim dimana setiap tim terdiri dari 3 (tiga) orang peserta lomba dan ketiganya telah didaftarkan pada panitia. Seluruh anggota tim wajib mengikuti pertandingan secara penuh dari awal sampai akhir.
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp. 30000,- (Jika sekolah mengirim 1 tim), dan Rp. 500.000,- (Jika sekolah mengirim 2 tim).
  4. Batas pendaftaran terakhir adalah 13 Februari 2017
  5. Sekolah bebas mengirim tim baik kelas 1,2 ataupun kelas 3 tergantung kebijakan sekolah.
  6. Peserta harus membawa kelengkapan administrasi pendaftaran berupa:
    • Mengisi formulir registrasi
    • Pas foto 4×6 2 lembar
    • Fotokopi kartu pelajar / Surat keterangan identitas pelajar
    • Bukti pembayaran pendaftaran
  7. Apabila sebelum, selama dan setelah perlombaanOlimpiade,panitia menemukan bahwa anggota tim tidak sesuai dengan yang didaftarkan, maka team tersebut akan DIDISKUALIFIKASI dan DINYATAKAN GUGUR.
  8. Peserta wajib mengenakan pakaian seragam sekolah selama perlombaan Oimpiade berlangsung.
  9. Panitia tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang-barang milik peserta.
  10. Peserta wajib mentaati semua peraturan dan tata tertib selama Olimpiade berlangsung.

PERATURAN UMUM OLIMPIADE

  1. Peserta wajib mengenakan kartu tanda pengenal (name tag).
  2. Peserta diwajibkan hadir 30 menit sebelum acara pembukaan dimulai untuk registrasi dan mengurus hal-hal sebelum pertandingan dimulai. Jika ada salah satu tim atau anggota tim yang terlambat (hadir setelah pertandingan dimulai) Pada :
    • Babak Kualifikasi dan Accounting Estafet, Peserta yang terlambat tetap dapat mengikuti ujian tanpa diberikan tambahan waktu.
    • Babak Semifinal dan Final, Peserta yang terlambat dalam babak ini, diberikan toleransi waktu maksimal 10 menit untuk menunggu anggota timnya yang terlambat. Jika dalam waktu 10 menit anggota timnya belum hadir, maka tim tersebut tetap diizinkan untuk mengikuti perlombaan dengan jumlah peserta yang hadir pada saat itu. Jika peserta hadir pada saat acara telah dimulai, maka peserta tersebut tidak diperkenankan mengikuti perlombaan.
  3. Peseta diwajibkan membawa alat tulis dan perlengkapan masing-masing untuk keperluan perlombaan seperti: pena, papan ujian, dll
  4. Dilarang menggunakan alat bantu hitung, alat komunikasi,dan sejenisnya selama perlombaan
  5. Pada saat olimpiade berlangsung tidak diperkenankan meminjam perlengkapan ujian dari peserta lain.
  6. Peserta tidak diperkenankan membawa buku atau catatan dalam bentuk apapun pada saat pertandingan.
  7. Peserta yang sedang mengikuti perlombaan tidak diperkenankan untuk meninggalkan area per
  8. Peserta tidak diperkenankan melakukan segala tindakan yang bersifat mengganggu jalannya perlombaan.
  9. Apabila peserta melanggar semua ketentuan di atas, maka panitia berhak untuk mendiskualifikasi tim peserta yang bersangkutan baik sebelum, selama, dan di akhir pertandingan sebelum pemenang di umumkan.
  10. Peserta diperbolehkan membaca serta menjawab soal pada waktu babak kualifakasi dimulai yang akan diberi tanda oleh panitia yang bertugas.
  11. Peserta menyilang satu jawaban yang dianggap benar dari empat pilihan yang ada. jawaban yang dipilih tidak boleh lebih dari satu jawaban, jika jawabannya lebih dari satu dianggap salah.
  12. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

PENJELASAN PERTANDINGAN DAN PERATURAN KHUSUS
BABAK KUALIFIKASI

  1. Sistem Pertandingan merupakan tes tertulis yang terdiri dari 3 model soal, yaitu :
    • Multiple Choice
    • Pernyataan Sebab Akibat
    • Empat Pernyataan

    Peserta mengerjakan soal sebanyak 100 buah soal dalam waktu 2 jam.

  2. Peserta yang akan masuk ke babak Accounting Estafet adalah 25 tim dengan nilai tertinggi dari babak kualifikasi.
  3. Kriteria penilaian pada babak kualifakasi ini yaitu: Benar +4; Salah -2; Tidak menjawab 0.
  4. Apabila terdapat tim dengan nilai yang sama, maka tim yang berhak maju ke babak Accounting Estafet adalah :
    • Tim dengan jumlah jawaban benar terbanyak.
    • Apabila dengan point (a) di atas, masih terdapat kesamaan nilai maka akan dicari peringkat 3 teratas dan anggota tim yang lebih banyak menempati posisi 3 teratas tersebut akan maju ke babak Accounting Estafet
    • Apabila kedua point di atas belum dapat menentukan tim yang akan masuk ke babak Accounting Estafet, akan diadakan tahap tambahan berupa tes tertulis sebanyak 10 soal pilihan ganda dengan alokasi waktu selama 10 menit.
    • Apabila ketiga point di atas belum dapat menentukan tim yang akan masuk ke babak Accounting Estafet maka akan diambil kesepakatan antara tim pengoreksi dengan tim yang bersangkutan.
  5. Setiap anggota dari masing-masing tim akan dipisah penempatan duduknya dan akan mengerjakan soal tertulis yang sama secara individu . Setelah tahap Babak Kualifikasi selesai, panitia akan menilai seluruh jawaban peserta dan nilai 3 anggota dari tim yang sama akan diakumulasikan untuk memperoleh Nilai Tim secara keseluruhan untuk Babak Kualifikasi.Setelah semua Nilai Tim diperoleh, maka akan dirangking dari yang tertinggi hingga terendah untuk mengambil 25 Tim dengan nilai tertinggi untuk maju ke Accounting Estafet
  6. Tata Cara dan Peraturan untuk Babak Kualifikasi
    • Peserta menyilang satu jawaban yang dianggap benar
    • Jawaban yang dipilih tidak boleh lebih dari satu, jawaban yang lebih dari satu dianggap salah.
    • Peserta diperkenankan untuk melakukan perbaikan jawaban selama waktu yang tersedia masih tersisa.
  7. Peserta yang sedang bertanding tidak diperbolehkan meninggalkan area pertandingan, kecuali mendapat izin dari tim pengawas.

BABAK ACCOUNTING ESTAFET

  1. Sistem pertandingan merupakan tertulis yang dikerjakan per tim dengan 2 metode soal:
    • Siklus akuntasi perusahaan dagang (terdiri dari jurnal umum,jurnal khusus, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian, kertas kerja, laporan keuangan dan jurnal penutup)
    • Ekonomi dasar
  2. Peserta diberikan waktu untuk pengerjaan soal selama 3 jam.
  3. Bobot penilaian untuk siklus akuntansi untuk perusahaan dagang adalah 70% dan ekonomi dasar 30%.
  4. Peserta diperbolehkan menggunakan kalkulator dan tidak diperkenankan kalkulator handphone
  5. Peserta tidak diperbolehkan membawa buku panduan yang berhubungan dengan akuntansi dan ekonomi
  6. Format siklus akuntansi perusahaan dagang akan disediakan oleh panitia.
  7. Peserta yang sedang bertanding tidak diperbolehkan meninggalkan area pertandingan, kecuali mendapat izin dari tim pengawas.
  8. 9 tim dengan nilai tertinggi akan maju ke babak semifinal

BABAK SEMI-FINAL

Terdapat 3 sesi di Babak Semi-Final yang dilaksanakan secara bergilir dalam ruangan yang sama, dimana setiap sesi terdiri atas 3 tim yang berlomba untuk memperebutkan 1 (satu) tempat di Babak Final.Babak Semi-Final merupakan Lomba Cerdas-Cermat  dimana Setiap sesi Semi-Final akan dibagi dalam 2 babak:

  • Babak Bergilir : 10 soal pertanyaan wajib untuk masing-masing tim
  • Babak Rebutan : 10 soal yang diperebutkan oleh seluruh tim

Soal Semi-Final merupakan soal dengan jawaban singkat dimana Dewan Juri akanmembacakan soal terlebih dahulu, kemudian tim Semi-Finalis memiliki waktu untuk menjawab tiap-tiap soal.

  • Skala penilaian untuk Tahap Bergilir antara 0 – 100 point.
  • Skala penilaian untuk Tahap Rebutan: Benar +100, Salah -50.

Tata Tertib Babak Semi-Final

  1. Peserta tidak diperkenankan membawa buku atau catatan dalam bentuk apapun.
  2. Peserta yang sedang bertanding tidak diperkenankan untuk meninggalkan area pertandingan.
  3. Peserta wajib mengenakan tanda pengenal (name tag) selama acara Olimpiade berlangsung.
  4. Selama pertandingan berlangsung, peserta dilarang membawa alat komunikasi seperti ponsel dan sejenisnya.
  5. Supporter dilarang memberi jawaban kepada peserta yang bertanding dalam bentuk apapun, jika hal itu dilakukan maka soal tersebut akan dibatalkan dan nilai tim yang melanggar akan dikurangi 100.
  6. Peserta maupun penonton tidak diperkenankan melakukan segala tindakan yang bersifat mengganggu jalannya pertandingan.
  7. Apabila peserta melanggar segala ketentuan di atas, maka panitia berhak untuk mendiskualisasi tim peserta yang bersangkutan baik sebelum, dan di akhir babak sebelum pemenang diumumkan.

 

Sistem Pertandingan

  1. Lomba Cerdas Cermat (LCC) terbagi menjadi 3 sesi
  2. Pada setiap pertandingan, tim dengan nilai tertinggi di masing-masing sesi akan masuk ke babak Final.
  3. Pelaksanaan LCC akan berlangsung pada ruangan yang sama secara bergiliran, dengan masing-masing sesi terdiri dari 3 tim yang bertanding.
  4. Jika terdapat nilai tertinggi yang sama antar tim sampai akhir babak, maka akan diadakan babak rebutan tambahan. Yaitu sebanyak 1(satu) soal untuk diperebutkan.

Peraturan untuk Babak Bergilir

  1. Setiap tim peserta memilih satu amplop soal yang berisi 10 soal sebelum pertandingan dimulai dan amplop soal yang telah dipilih tidak dapat dibatalkan.
  2. Jawaban yang salah atau pertanyaan yang tidak dijawab karena waktu habis, maka pertanyaan itu dilemparkan kepada tim selanjutnya, bagi tim lain yang menjawab benar maka point akan ditambah 50 dan jika jawaban salah tidak mengurangi point. Dan jika dari ketiga tim tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut maka pertanyaan dianggap gugur dan jawaban akan dibacakan oleh juri.
  3. Waktu akan diberikan setelah soal selesai dibacakan sebanyak 2 (dua) kali. Apabila peserta menjawab saat soal sedang dibacakan, maka waktu akan mulai dihitung saat peserta mulai menjawab.
  4. Skala penilaian antara 0 sampai 100.
  5. Apabila ada peserta yang menjawab bukan pada saat gilirannya, maka nilai peserta tersebut akan dikurangi 100 dan peserta yang mendapat giliran tetap berhak menjawab pertanyaan tersebut.
  6. Supporter dilarang memberi jawaban kepada peserta yang bertanding dalam bentuk apapun, jika hal itu dilakukan maka soal tersebut akan dibatalkan dan nilai tim yang melanggar akan dikurangi 100
  7. Waktu untuk menjawab soal adalah 10 detik untuk soal teori dan 30 detik untuk soal hitungan.

 

Peraturan untuk Babak Rebutan

  1. Terdapat 10 soal untuk diperebutkan oleh seluruh tim yang bertanding.
  2. Tim yang mendapat kesempatan menjawab adalah tim yang menekan bel terlebih dahulu baik sebelum atau setelah soal selesai dibacakan, dan setelah ditunjuk oleh Dewan Juri.
  3. Apabila belum ditunjuk oleh Dewan Juri tetapi peserta sudah mulai menjawab, maka jawaban peserta dianggap salah dan nilainya dikurangi 50.
  4. Soal akan berhenti dibacakan jika peserta menekan bel sebelum soal selesai dibacakan. Jika jawaban salah maka pembacaan soal akan dilanjutkan.
  5. Waktu untuk menjawab soal adalah 10 detik untuk teori dan 30 detik untuk hitungan.
  6. Apabila tim yang mendapat kesempatan menjawab ternyata salah atau tidak menjawab sampai dengan waktu habis, soal di anggap HANGUS dan tidak dilemparkan lagi.

 

  1. BABAK FINAL

Babak final diadakan 3 sesi yaitu:

  1. Panitian menyediakan The Lucky Box yang berisi nomor paket soal, setiap tim yang lolos ke babak final mengambilsalah satunomoryang menentukan paket soal yang akan dijawab oleh tim tersebut, yang terdiri dari 10 soalwajib. Peraturan pertandingan sama dengan peraturan pada babak semi final bergilir.
  2. Babak rebutan terdiri dari 10 soal, sistem peraturan sama dengan peraturan babak semi final rebutan.
  3. Gain and loss, dengan sistem dan peraturan:
    • Dalam babak pertaruhan ini hanya terdapat 1 soal.
    • Nilai yang telah dikumpulkan pada LCC (babak bergilir dan rebutan) akan dipertaruhkan seluruhnya atau sebagian oleh masing-masing tim untuk menjawab soal yang akan diajukan tersebut.
    • Jumlah nilai yang dipertaruhkan adalah minimal 30% (tiga puluh persen) dan maksimal 100% (seratus persen) dari keseluruhan point.
    • Setiap tim menulis jawaban terlebih dahulu di kertas yang disediakan panitia lalu menulis jumlah point yang dipertaruhkan didalam kertas tersebut.
    • Setelah waktu yang ditentukan, setiap perwakilan dari masing-masing tim menunjukkan nilai yang dipertaruhkan dan menunjukkan jawaban,kemudian Dewan Juri membacakan jawaban yang benar.
    • Jika jawaban benar, nilai setiap tim akan ditambahkan sebesar nilai yang dipertaruhkannya.
    • Jika jawaban salah, nilai setiap tim akan dikurangi sebesar nilai yang dipertaruhkannya.
    • Supporter dilarang memberi jawaban kepada peserta dalam bentuk apapun, jika hal itu dilakukan maka nilai tim yang melanggar akan dikurangi 100.

 

Pemenang adalah tim yang mengumpulkan nilai tertinggi dari hasil penilaian Dewan Juri.

Keputusan Dewan Juri adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Soal terdiri dari:        

  • 60% soal akuntansi
  • 40% soal ekonomi

Kisi-kisi soal

  • Konsep ekonomi
  • Masalah ekonomi dan cara mengatasinya
  • Pelaku kegiatan ekonomi
  • Pasar dalam perekonomian
  • Permintaan dan penawaran
  • Bank
  • Lembaga keuangan bukan bank (LKBB)
  • Bank sentral
  • Otoritas jasa keuangan
  • Sistem dan alat pembayaran
  • Uang
  • Alat pembayaran nontunai
  • Manajemen
  • Koperasi
  • Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi
  • Ketenagakerjaan
  • Pendapatan nasional
  • APBN & APBD
  • Perpajakan
  • Indeks harga & inflasi
  • Permintaan dan penawaran uang
  • Kebijakan moneter & kebijakan fiskal
  • Pelaku ekonomi dalan sistem perekonomian Indonesia
  • Pasar modal
  • Perdagangan internasional
  • Kerjasama internasional
  • Akuntansi sebagai sistem informasi
  • Persamaan dasar akuntansi
  • Siklus akuntansi perusahaan jasa
  • Akuntansi perusahaan dagang
  • Obligasi
  • Rekening

Catatan:

Jika terjadi perubahan peraturan/ tambahan peraturan akan diumumkan kepada peserta pada saat Technical Meeting.

  1. LOMBA MADING
  • Tema Mading : “Membangun dan Mengembangkan Ekonomi Kreatif dalam Menghadapi Persaingan Global”
  • Standar Penilaian :
    • Kekompakan 10%
    • Kesesuaian dengan tema 15%
    • Kerapian, keindahan, kebersihan, gradasi warna 15%
    • Persentasi 15%
    • Isi 20%
    • Kreativitas 25 %.
  • Syarat-syarat perlombaan :
  • Peserta masih tercatat sebagai pelajar SMA/SMK/MAN sederajat se-Sumatera
  • Tiap sekolah hanya boleh mengirimkan maksimal 2 tim, yang masing masing tim terdiri  dari 4 orang
  • Melampirkan surat rekomendasi dari masing-masing sekolah
  • Mading yang dilombakan adalah majalah dinding yang dibuat langsung pada saat lomba dengan naskah yang sudah dipersiapkan oleh peserta
  • Biaya pendaftaran : Rp 175.000/tim
  • Mading bersifat 3D atau 4D. *untuk mading 4D akan ada nilai tambahan
  • Melengkapi syarat pendaftaran:
    • Mengisi formulir registrasi
    • Pas foto 4×6 2 lembar
    • Fotokopi kartu pelajar
    • Bukti pembayaran pendaftaran
  • Peraturan mading :
    • Mading yang dibuat merupakan karya original dengan tema“Membangun dan Mengembangkan Ekonomi Kreatif dalam Menghadapi Persaingan Global”.
    • Format isi mading bebas, berupa tulisan, gambar/ lukisan atau kliping yang diambil dari majalah/ surat kabar/ internet ataupun gabungan tulisan, dll
    • Artikel di buat sebelum pelaksanaan lomba
    • Mading tidak terbuat dari bahan yang berbahaya
    • Mading merupakan bahan setengah jadi (bahan yang sudah berstruktur dasar yang belum di layout atau pewarnaan, dsb)
    • Pembuatan layout mading dilakukan saat pelaksanaan lomba (dalam waktu 3 jam)
    • Panitia hanya menyediakan triplek dengan ukuran 1,2m 2,4m dan aliran listrik
    • Pada saat lomba berlangsung setiap tim akan diberi pengawas
    • Sistem penilaian dengan point , apabila tim melanggar tata tertib pada saat acara berlangsung maka point akan di kurangi sebesar 0,5  tiap kesalahan
    • Peserta harus mematuhi peraturan panitia , jika terjadi pelanggaran , peserta lomba akan langsung didiskualifikasi/ dianggap gugur
    • Keputusan panitia brsifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
  • Tata tertib :
  • Setiap tim wajib mengirimkan perwakilannya untuk hadir saat technical meeting tanggal 15  Februari 2017 di gedung FEKON Universitas Riau
  • Peserta yang terlambat dianggap menerima seluruh ketentuan yang disampaikan ketika Technical Meeting dan tidak diberikan penambahan waktu untuk mengerjakan madingnya
  • Selama pertandingan berlangsung peserta harus menggunakan seragam asal sekolah dan ID Card lomba yang telah diberikan oleh panitia
  • Peserta dilarang membawa bahan pembuatan mading dari luar selama waktu perlombaan berlangsung
  • Tidak diperkenankan mengadakan pergantian peserta dengan alasan apapun selama pertandingan berlangsung
  • Tidak boleh dibantu oleh guru atau orang lain pada saat lomba berlangsung
  • Tidak mengganggu peserta lain saat proses pengerjaan
  • Tidak boleh meminjam Alat-alat mading diluar tim
  • Dilarang meneruskan proses pembuatan mading saat waktu perlombaaan telah selesai
  • Seluruh keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
  • Waktu yang diberikan adalah 3 jam
  • Peserta wajib menjaga ketertiban dan dilarang membuat keributan

Catatan:

Jika terjadi perubahan peraturan/ tambahan peraturan akan diumumkan kepada peserta pada saat Technical Meeting.

  1. ENTERPRENUR MUDA

Enterprenur muda merupakan salah satu bagian dari SAC 2017. Terinspirasi dari berbagai perlombaan serupa yang telah ada di berbagai Universitas Ternama dalam dan luar negeri. Dimana yang akan diperlombakan didalamnya adalah kemampuan siswa/i SMA/SMK sederajat mengembangkan ide kreatif mereka sehingga mampu menciptakan suatu peluang bisnis yang dapat dikembangkan.Enterprenur muda terdiri dari tiga bagian, yang akan dijelaskan satu persatu seperti dibawah ini :

  1. Bussiness Planning

Business planning yaitu seleksi awal pada lomba ini. Peserta terdiri dari 2 orang/team dari sekolah yang sama. Peserta mengirimkan ide rancangan bisnis yang telah mereka buat dalam bentuk Microsoft word. Adapun peraturan penulisan sebagai berikut :

  1. Terdiri dari 10-15 halaman A4
  2. Format penulisan Times New Roman, font 12, line spacing 1,5
  3. Cover
  4. Lembar Pengesahan : suatu lembar yang berisi identitas peserta lomba. Kemudian mencantumkan tanggal pengesahan yang disahkan oleh guru pembimbing.
  5. Executive Summary yaitu perkenalan bisnis secara garis besar (produk, place, price, promotion)
  6. Daftar isi
  7. Deskripsi bisnis, yang terdiri dari :
  • Latar Belakang, menceritakan apa yang mendasari munculnya ide bisnis ini
  • Keterangan Bisnis, menceritakan bisnis secara keseluruhan (nama perusahaan, logo, struktur organisasi, dan hal-hal yang dianggap penting)
  • Visi dan Misi, menjelaskan tujuan dari bisnis tersebut dan cara-cara yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut
  1. Analisa pesaing, yaitu menjelaskan bagaimana persaingan produk yang telah dibuat jika dipasarkan secara nasional maupun internasional.
  2. Analisa SWOT, yaitu menjelaskan apa kelebihan bisnis peserta (strength), apa kelemahannya (weakness), bagaimana peluangnya dipasaran (opportunity) dan apa hambatan yang akan ditemui (thread)
  3. Rencana kedepan, menjelaskan apa yang rencana jangka pendek dan jangka panjang bagi perusahaan.

Kriteria Penilaian :

  1. Ide dan kreatifitas 50%
  2. Penyajian Isi 50%

Akan diambil 4 team terbaik dari seleksi awal ini.

  1. Post- Test

Post-Test merupakan tes tertulis yang dilaksanakan pada hari pertama pelaksanaan Entrepreneur Muda, dimana terdapat beberapa soal essay yang berhubungan dengan proposal yang dikirimkan dan umum. Post-test akan dilaksanakan per-individu dan hasil penilaiannya akan digabungkan.

  1. Presentation

Presentation merupakan tahap terakhir dari perlombaan Enterprenur Muda. Peserta diminta mempresentasikan rancangan bisnis yang telah dibuat sebelumnya didalam format Power Point dengan waktu 15 menit . Presentasi pesertaakan disaksikan oleh 2 orang juri dan bebeapa investor. Juri bertugas untuk menilai presentasi dari peserta, memberikan krtitik dan saran terhadap bisnis yang dirancang. Sedangkan investor  akan menilai usaha yang dipresentasikan oleh peserta kemudian memutuskan untuk menanamkan modal kepada peserta yang mana.

Penentuan Juara dinilai dari :

  1. Bussiness Planning 30%
  2. Post-Test                         20%
  3. Presentation 50%

Ketentuan Umum:

  • Peserta lomba adalah SMA/sederajat se-Sumatera
  • Peserta menyusun rancangan bisnis dalam format MS WORD dan MS POWERPOINT atau dalam format PDF
  • Hard File dibawa ketika melakukan pendaftaran ulang
  • Satu tim terdiri dari 2 orang
  • Masing – masing sekolah maksimal mengirim 1 tim
  • Melengkapi syarat pendaftaran:
    • Mengisi formulir registrasi
    • Pas foto 4×6 2 lembar
    • Fotokopi kartu pelajar

Catatan:

Jika terjadi perubahan peraturan/ tambahan peraturan akan diumumkan kepada peserta pada saat Technical Meeting.

 

  1. RANKING 1

Pertandingan dalam Rangking 1 adalah menguji kemampuan analisa, kecermatan, kompetensi diri siswa/i SMA/sederajat dengan menjawab pertanyaan lisan. Sistem yang digunakan adalah sistem gugur. Peserta yang salah menjawab pertanyaan akan langsung gugur dan keluar dari arena pertandingan serta tidak dapat melanjutkan ke babak tanya jawab berikutnya. Sedangkan peserta yang menjawab dengan benar, maka dapat tetap lanjut ke sesi tanya-jawab berikutnya. Kompetisi ini tidak dikenakan biaya dengan syarat sekolah yang menjadi peserta mengikuti Olimpiade akuntansi,Lomba mading dan Enterpreneur Muda.

 

KETENTUAN UMUM

  1. Peserta kompetisi adalah siswa SMA/ sederajat se-sumatra.
  2. Masing-masing sekolah mengirim maksimal 3 (tiga) orang peserta lomba dan ketiganya telah didaftarkan pada panitia. Seluruh anggota tim wajib mengikuti pertandingan secara penuh dari awal sampai akhir. Siswa yang dipilih tidak sedang mengikuti lomba lainnya dalam SAC.
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp.000 (gratis biaya pendaftaran apabila sekolah mendaftar olimpiade, mading dan enterpreneur muda.)
  4. Batas pendaftaran terakhir 13 februari 2017
  5. Sekolah bebas mengirim tim baik kelas 1,2 ataupun kelas 3 tergantung kebijakan sekolah.
  6. Peserta harus membawa kelengkapan administrasi pendaftaran berupa:
    1. Mengisi formulir registrasi
    2. Pas foto 4×6 2 lembar
    3. Fotokopi kartu pelajar
    4. Bukti pembayaran pendaftaran
  7. Apabila sebelum, selama dan setelah perlombaan panitia menemukan bahwa anggota team tidak sesuai dengan yang didaftarkan, maka team tersebut akan DIDISKUALIFIKASI dan DINYATAKAN GUGUR.
  8. Peserta wajib mengenakan pakaian seragam sekolah sewaktu perlombaan.
  9. Panitia tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang-barang milik peserta.
  10. Peserta wajib tunduk pada peraturan dan tata tertib selama acara berlangsung.

 PERATURAN RANGKING 1 :

  1. Peserta wajib mengenakan kartu tanda pengenal (name tag).
  2. Peserta diwajibkan hadir 30 menit sebelum acara pembukaan dimulai untuk registrasi dan mengurus hal-hal sebelum pertandingan dimulai.
  3. Pada saat RANGKING 1 berlangsung tidak diperkenankan berdiskusi dengan peserta lain. Apabila terdapat diantara peserta yang menyontek atau pragiat, maka akan langsung di NYATAKAN GUGUR.
  4. Peserta tidak diperkenankan membawa buku atau catatan dalam bentuk apapun pada saat pertandingan.
  5. Peserta yang sedang bertanding tidak diperkenankan untuk meninggalkan area pertandingan.
  6. Peserta tidak diperkenankan melakukan segala tindakan yang bersifat mengganggu jalannya pertandingan.
  7. Apabila peserta melanggar segala ketentuan di atas, maka panitia berhak untuk mendiskualifikasi peserta yang bersangkutan baik sebelum, selama, dan di akhir pertandingan sebelum pemenang di umumkan.
  8. Selama pertandingan berlangsung, peserta dilarang membawa alat komunikasi seperti ponsel dan sejenisnya.
  9. Peserta menulis jawaban yang dianggap benar di atas kertas jawaban yang disediakan panitia.
  10. Peserta yang salah menjawab pertanyaan akan langsung gugur dan keluar dari arena pertandingan serta tidak dapat melanjutkan ke babak tanya jawab berikutnya. Sedangkan peserta yang menjawab dengan benar, maka dapat tetap lanjut ke sesi tanya-jawab berikutnya.
  11. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.
  12. Pemenang RANGKING 1 adalah 1 orang peserta yang masih bertahan di arena pertandingan.

 

Soal terdiri dari:        

  • 50% soal akuntansi
  • 30% soal ekonomi
  • 20% soal UMUM/ topik terhangat di masyarakat

Kisi-kisi soal RANGKING 1 :

  • Kelangkaan dan pengalokasian sumber daya
  • Permasalahan ekonomi
  • Permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan
  • Perilaku konsumen dan produsen
  • Bentuk-bentuk pasar
  • Ketenagakerjaan dan pengangguran
  • Pembangunan ekonomi
  • Pasar modal
  • Perdagangan internasional
  • Neraca pembayaran
  • Akuntansi dan sistem informasi
  • Struktur dasar akuntansi
  • Akuntansi perusahaan jasa
  • Karakteristik dan jenis transaksi perusahaan dagang
  • Akuntansi perusahaan dagang (jurnal umum, jurnal khusus, buku besar, buku besar pembantu, jurnal penyesuaian, work sheet, laporan keuangan perusahaan dagang)
  • Manajemen umum
  • Kewirausahaan
  • Badan usaha
  • koperasi

Catatan:

Jika terjadi perubahan peraturan/ tambahan peraturan akan diumumkan kepada peserta pada saat Technical Meeting.

  1. CAMPUS TRIP

Kegiatan  ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa terhadap kampus Fakultas Ekonomi Universitas Riau, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengakrabkan para peserta yang berasal dari sekolah dan daerah yang berbeda,  kegiatan ini juga memberikan kesan kepada para peserta tentang perkuliahan yang akan mereka hadapi.

  1. ENTERPRENEUR COMPETITION

Peserta dalam kegiatan ini di berikan tempat (stand) untuk mereka melombakan Brain yang mereka miliki, sasaran dalam kegiatan ini adalah masyarakat umum maupun pelajar.

SYARAT DAN KETENTUAN UMUM

  1. Usaha bergerak dibidang kuliner
  2. Biaya pendaftaran Rp 150.000
  3. Stand disediakan sebanyak 20 stand
  4. Perserta SMA/Sederajat, Mahasiswa dan umum
  5. Perserta wajib mengikuti semua ketentuan yang dibuat oleh panitia
  6. Peserta wajib mengisi stand selama 3 hari
  7. Pendaftaran terakhir pada tanggal 13 februari 2017

Catatan:

Jika terjadi perubahan peraturan/ tambahan peraturan akan diumumkan kepada peserta pada saat Technical Meeting.

3.TEKNIS PENDAFTARAN

  1. Mengisi formulir pendaftaran dengan ketentuan persyaratan yang telah
  2. Pembayaran dapat dilakukan dengan :

 

  • Membayar langsung ke sekretariat SAC 2017
  • Transfer ATM / tunai no. Rekening : 0342300667 BCA a.n. Fauzalina Triani.
    • Memberikan konfirmasi setelah transfer via telepon / sms ke nomor kontak panitia (nomor kontak terlampir) mengenai jumlah transfer, nama sekolah, lomba, dan tim yang didaftarkan.
  1. Setelah melunasi biaya pendaftaran ,lampirkan bukti pembayaran dengan :
  • Untuk regional pekanbaru bukti pembayaran dapat dilampirkan beserta persyaratan lainnya dan dikembalikan ke Kesekretariatan HIMA AK.
  • Untuk Regional Pekanbaru dan Se-Sumatera bukti pembayaran dapat difoto atau di scan dan dilampirkan beserta persyaratan lainnya dan dikirim ke email SAC 2017.
  1. Formulir yang telah diisi dapat dikembalikan melalui :
  • Untuk regional Pekanbaru dan sekitarnya formulir yang terlampir pada undangan bisa diisi dan dikembalikan kesekretariat SAC 2017 dengan membawa persyaratan lainnya, atau
  • Untuk regional Pekanbaru dan Se Sumatera Formulir yang terlampir pada undangan yang telah dikirim melalui alamat Email masing-masing sekolah dapat di forward dan diisi lalu dikirim kembali ke Email  SAC 2017. Dengan judul file :Persyaratan SAC 2017 (namasekolah) (wilayah) (kodeperlombaan) (Nama team) . Contoh :Persyaratan SAC 2017 SMAN4 Pekanbaru TEAM1 A :
  • TEAM1 : untuk Olimpiade.
  • TEAM2 : untuk Mading.
  • TEAM3 : untuk Enterpheneurship.
  • TEAM4 : untuk Ranking 1
  • TEAM5 : Enterpreneur Competition
  1. Khusus Enterpreneurship proyek makalahnya dapat dikembalikan dalam bentuk hardfile atau softfile :
  • Untuk hardfile dapat diberikan beserta persyaratan lainnya di Kesekretariatan SAC 2017
  1. Email SAC 2017: akuntansi.unri @gmail.com
  2. Tiap Sekolah max mengirimkan 2 orang pembimbing.
  3. Kesekretariatan SAC 2017 bertempat di Sekretariatan HIMA AK ( denah terlampir).
  4. Pengambilan Formulir : unri.ac.id/sac2017
  5. Kontak person
    • Olimpiade( )
    • Mading ( gradini diandra furi 0852 7296 5997)
    • Entrepreneur competition (eka fitri wahyuni 0852 6563 6356).
    • Entrepreneur muda ( putri inka 0852 72375131)
    • Akuntansi pintar ()
    • Ranking 1 ( reni afriani 0823 8435 5078)

    Info selanjutnya dapat ,menghubungi contact person  Zulfikar (082170362434) atau Rifqi Abdillah A (081378906840)

DAFTAR PENGINAPAN TERDEKAT

Selama acara berlangsung, panitia Cuma menanggung transportasi dan konsumsi selama acara, Untuk itu kami mereferensikan beberapa penginapan yang berdekatan dengan venue acara guna memberikan masukan kepada peserta dari luar Pekanbaru.

Nancy’ House*

Jl. Swakarya, HR. SOEBRANTAS Pekanbaru.

Standard  Rp. 110.000,-

Deluxe Rp. 160.000,-

VIP Rp. 260.000,-

 

Mona Plaza Hotel

Alamat                                    : Jl. HR. Soebrantas NO. 18 Panam Pekanbaru.

Telp.                                        : (0761) 6841, 63336

Spesifikasi Penginapan           : Lihat table

ROOM TYPE PUBLISED RATE SPECIAL RATE
Excecutive Rp. 450.000,- Rp. 300.000,-
Deluxe Rp. 375.000,- Rp. 250.000,-
Extra Bed Rp.   75.000,- Rp.   75.000,-

Fasilitas : AC Split, TV, air panas/dingin,

Syarat dan Ketentuan :

  • Harga tersebut sudah termasuk 21% government tax and service
  • Harga tersebut sudah termasuk sarapan pagi untuk 2 orang Tingkat hunian 2 orang per kamar
  • Untuk sarapan pagi tambahan dikenakan biaya sebagai berikut :
    • Dewasa : Rp. 25.000,-
    • Anak – anak dibawah 10 tahun : RP. 15.000,-

*Untuk pembokingan penginapan  point a (a) silahkan hubungi nomor panitia yang tertera paling lambat 2 minggu sebelum Acara. Dan pelunasan Administrasi pada saat registrasi peserta.

Info selanjutnya dapat ,menghubungi contact person Zulfikar (082170362434)

Untuk Formulir Silahkan di unduhFormulir Pendaftaran SAC 2017

Denah Fakultas Ekonomi Universitas Riau :

fe unri

fe unri