Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Riau (FE UR) didirikan pada tahun 2006 bekerjasama dengan Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia melalui Program Studi Magister Akuntasi dan Universitas Indonesia bersedia membina dan membimbing Program Studi Magister Akuntansi Universitas Riau sampai mampu berdiri.

Program Studi Magister Akuntansi FE UR mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 2007. Program ini menerapkan paket program dengan beban Satuan Kredit Semester (SKS) studi antara 43 sampai 45 SKS yang dapat ditempuh dalam waktu empat semester atau 24 bulan.

Program Studi Magister Akuntansi FE UR memiliki visi menjadi program studi magister yang unggul dan terkemuka dibidang akuntansi dan bisnis di wilayah Indonesia bagian barat tahun 2020.

Visi tersebut dijabarkan dalam misi melaksanakan pendidikan magister akuntansi yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan ilmu akuntasi sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri,komunikatif, kreatif dan berjiwa pemimpin dan enterpreneurship.